Minggu, 01 April 2012

Sejarah Kopi

Kopi - Sebagai Minuman Pilihan

Mungkin Anda belum pernah berpikir, Minuman apakah yang paling banyak dikonsumsi didunia..?. Mungkin anda tidak pernah menduga bahwa Kopi mendapatkan peringkat atas?. Negara manakah yang pertama kali mengkonsumsi Kopi sebagai hidangan?. Kapan pertama kali Kopi dihidangkan..? Dan di mana warung kopi pertama kali berdiri..?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak dapat secara pasti dijawab langsung karena tidak ada yang benar-benar tahu fakta tersebut. Tapi satu hal yang pasti, Kopi adalah minuman paling banyak dikonsumsi di planet ini.

Asal Mula Kopi

Sepertinya jejak pertama dari Abyssinia (Ethiopia-Afrika) dan juga di sekitar Laut Merah kira-kira tahun 700-an setelah masehi. Seiring dengan masa itu, Orang-orang Afrika dari periode yang sama juga memiliki sejarah menggunakan ampas bubur buah kopi untuk ritual lokal dan bahkan untuk kesehatan.

Kopi mulai mendapat perhatian lebih ketika orang-orang Arab mulai melakukan budidaya di semenanjung Arab sekitar tahun seribu seratus setelah masehi. Ini merupakan spekulasi bahwa kapal-kapal perdagangan membawa kopi mereka. Orang-orang Arab mulai membuat minuman yang menjadi sangat populer disebut Gahwa --- yang berarti untuk mencegah tidur (Kekuatan).

Setelah biji kopi ditemukan menjadi minuman dan obat-obatan, sekitar tahun 1200-an. tidak butuh waktu lama semua orang di Arab suka minum kopi. Dan kopi menjadi sangat populer di sekitar India, Afrika Utara, Mediterania timur, dan kemudian dibudidayakan di Yaman sekitar 1400-an.

Qahwah merupakan asal-mula kata Kopi yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kemudian mengalami perubahan ke bahasa turki menjadi Kahveh. Dalam bahasa Belanda berubah pengucapannya menjadi Koffie. Hingga Belanda masuk ke Indonesia menjadi kata 'Kopi' yang kita kenal saat ini.

Toko Kopi yang Pertama

Sekitar tahun 1.475 toko kopi pertama dibuka di Konstantinopel yang disebut disebut KIV Han dua tahun setelah kopi diperkenalkan ke Turki, pada 1554 dua rumah kopi membuka di sana. Orang-orang berdatangan minum kopi untuk bersosialisasi. Beberapa rumah kopi sering disebut "School of the Wise" atau "sekolah orang bijak", karena di rumah kopi mereka bisa belajar banyak dengan hanya mendengarkan percakapan sambil minum kopi.

Dalam tahun 1600-an kopi memasuki Eropa melalui pelabuhan Venesia. Para prajurit Turki juga membawa minuman itu ke Balkan, Spanyol, dan Afrika Utara. Tidak terlalu lama kemudian rumah kopi pertama dibuka di Italia.

Conclusion :
Dari sejarah singkat kopi tersebut diatas, kita semakin mengenal budaya minum kopi yang juga poluler di Indonesia. Bincang-bincang santai sambil minum kopi ternyata berasal dari Jazirah Arab
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar